Thursday 27 August 2015

Pola Tidur Buruk Mengacaukan Siklus Menstruasi

Siklus menstruasi yang di luar jadwal, bukan selalu menjadi indikasi kehamilan. Haid teratur bisa menunjukkan kesehatan seorang wanita, sirkulasi darah yang lancar dan metabolisme yang baik. Penyebab haid tidak teratur salah satunya adalah kebiasaan buruk seperti pola tidur yang tidak teratur.

Kekurangan tidur dan istirahat bisa mengacaukan siklus haid. Tidur sangat bermanfaat untuk menjaga stamina tubuh, memperbaiki sel-sel tubuh, mengembalikan energi, dan mengatur siklus haid.


tidur
foto: blog.doctoroz.com

Pola Tidur Buruk Mengacaukan Siklus Menstruasi


Salah satu kebiasaan buruk adalah begadang. Tidur terlalu larut malam, akan mengganggu sirkulasi darah di dalam tubuh. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa profesi tertentu yang mengharuskan bedagang, menyebabkan siklus menstruasi menjadi kacau. Penelitian ini dilakukan terhadap beberapa profesi seperti perawat dan pramugari yang harus bekerja pada waktu dini hari.

Perubahan waktu tidur dan kekurangan tidur dapat berpengaruh pada produksi hormon reproduktif, seperti progesteron dan estrogen pada wanita yang pada akhirnya berdampak pada proses ovulasi dan haid. Bahkan pola tidur yang buruk akan menurunkan tingkat melatonin. Hormon melatonin sangat berperan dalam mengatur sistem reproduksi dan haid. Baca juga: Bahaya Pake Kosmetik Di Masa Kehamilan!

Jadi, untuk menjaga siklus menstruasi yang baik atur waktu tidur Anda dan kurangi aktivitas yang mengganggu pola tidur.
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment