Monday 10 August 2015

Tips Ampuh Agar Tidak Cepat Pikun

Setiap orang tentu berharap memiliki daya ingat yang kuat sampai tua. Faktanya banyak di antara kita telah berkurang ingatannya di usia muda. Bahkan, untuk mengingat peristiwa penting dan bersejarah dalam hidup aja tidak mampu diingat oleh sebagian orang. Salah satu faktor penyebab alzheimer adalah usia, di samping faktor lainnya. Kepikunan merupakan masalah besar bagi semua orang.

pikun
foto: theaa.ie

Tips Ampuh Agar Tidak Cepat Pikun di Usia Muda


Daya ingat otak akan menurun seiring perubahan usia. Jangan heran jika orang tua sering mengatakan sesuatu hal yang sama dan diulang-ulang sebanyak berkali-kali tanpa disadari. Bahkan hal itu telah diucapkannya semenit yang lalu. Menyimpan kunci kendaraan, menaruh barang tertentu kadang sulit ditemukan oleh orang tua, padahal ia sendiri yang menyimpannya. Wajar jika ternyata barang itu disembunyikan oleh cucunya. Tapi kalau tidak dapat menemukan barang yang ia sembunyikan sendiri kan aneh?

Gangguan pikun sebenarnya tidak hanya menimpa orang tua saja. Kini, orang muda pun punya kecenderungan sama, mengalami pikun atau sering lupa. Kali ini akan membahas tips ampuh agar tidak cepat pikun di usia muda. Simak penjelasan di bawah ini:

1. Berlatih Senam Otak

Senam otak dilakukan dengan melatih otak untuk mengingat sesuatu hal. Misalnya dengan menyebutkan nama teman-teman sekolah yang akrab dengan anda, satu per satu. Contoh lainnya dengan menyebutkan 10 judul lagu yang sangat disukai atau hal lain. Pada dasarnya cara ini bertujuan untuk mengingat sesuatu yang telah diketahui dengan pasti sebelumnya.

2. Perbanyak konsumsi Makanan untuk Otak

Cara kedua dengan konsumsi beberapa jenis makanan yang memiliki nutrisi yang diperlukan otak. Makanan yang dimaksud seperti buah bit,
buah blueberry, bawang merah, pisang, dan brokoli. Buah dan sayuran tersebut baik untuk memberikan nutrisi bagi otak agar tidak cepat pikun.

3. Perbanyak minum Air

Cukupi kebutuhan tubuh akan cairan dengan konsumsi air putih sebanyak 6-8 gelas air setiap hari. Dengan asupan air yang cukup akan membuat seluruh organ tubuh bekerja dengan optimal. Hal ini juga berlaku untuk mendukung fungsi otak agar lebih baik.

4. Tidur yang cukup

Otak juga membutuhkan waktu untuk istirahat, jangan diforsir terus. Untuk alasan itu, Anda perlu tidur yang cukup. Aktivitas ini bermanfaat untuk regenerasi kinerja otak dan membuatnya lebih optimal. Sehingga saat bangun di pagi hari, otak lebih segar dan kembali.

5. Biarkan Otak untuk rileks sesaat

Tips kelima untuk mencegah pikun dengan membiarkan otak untuk rileks, setelah berfikir keras sehingga kepala merasa pusing. Lakukan aktifitas yang disukai untuk mencegah stress dan kepikunan di usia muda. Baca: Stres Hilang dengan Mengunyah Keju!

6. Mengasah Otak

Cobalah permainan yang mengasah otak. Anda dapat mengisi teka-teki silang yang berkualitas, atau game strategi yang membuat otak lebih tajam. Penting: Cara Menajamkan Daya Ingat Otak yang Mudah!

Itulah cara mencegah kepikunan di usia muda, serta menajamkan daya ingat otak. Penuhi asupan makanan bergizi dan lakukan olahraga dengan teratur setiap hari.
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment