Tuesday 21 April 2015

Sumber Vitamin D Dari Bahan Alami

Sering kita dengar pentingnya kedua vitamin bagi tubuh, yaitu vitamin A dan vitamin C. Sedangkan untuk vitamin D kurang disebutkan manfaatnya. Padahal tubuh kita sangat memerlukannya untuk menjaga kesehatan tulang. Vitamin D sangat dibutuhkan oleh tulang kita, sehingga tubuh dapat ditopang dengan baik.

Asupan vitamin D harian harus dipenuhi, untuk memperkuat tulang dan kesehatan organ tubuh lainnya. Sumber vitamin D dapat diperoleh dengan konsumsi beberapa jenis makanan. Di bawah ini adalah sumber vitamin D yang bisa anda dapatkan dari bahan alami.



Sumber vitamin D Dari bahan Alami


1. Jamur

Jamur mampu untuk membuat vitamin D dengan mengubahnya ketika terkena paparan matahari. Jamur merupakan bahan alami yang paling banyak mengandung vitamin D. Makanan ini mudah dijumpai di pasar. Dibuat menjadi sebuah sup ataupun tumis pun rasanya lezat.

2. Ikan salmon dan tuna

Beberapa jenis ikan laut seperti tuna dan salmon mengandung vitamin D dalam jumlah tinggi. Jika anda kesulitan mendapatkan ikan tuna segar, silahkan membeli ikan tuna kaleng. Meski dalam bentuk kemasan, ikan tuna masih memiliki kandungan vitamin D. Selain itu, harganya pun lebih lebih murah.

3. Minum Susu

Di dalam susu kemasan, sekarang telah ditambahkan dengan vitamin D selain kalsium dan protein tentunya. Kandungan ini baik untuk menyehatkan tulang. Begitu juga dengan susu kedelai memiliki kandungan vitamin D. Anda bisa membaca label yang tertera pada kemasan, apakah ada vitamin D di dalamnya atau tidak. Di situ tertulis secara lengkap mengenai informasi gizi yang disajikan.

4. Berjemur di bawah Sinar Matahari

Sumber utama vitamin D yang didapat secara alami adalah sinar matahari di pagi hari. Sebenarnya kita tidak mendapatkannya secara langsung, namun tubuh mengubah sinar tersebut menjadi vitamin D di dalam tubuh. Karena anda berada di Indonesia yang merupakan negara tropis sehingga cahaya matahari mudah diperoleh. Cukup dengan rajin berjemur atau lari pagi lebih menyehatkan tubuh anda.

Vitamin D bermanfaat untuk melindungi tubuh dari berbagai serangan penyakit seperti flu, demam, dan depresi. Kini anda memahami pentingnya vitamin D untuk kesehatan tubuh.

ilustrasi foto: naturesgold.ie
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment