Sunday 3 May 2015

5 Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan Di Luar Dugaan

Kayu manis merupakan rempah-rempah yang sering digunakan sebagai bumbu masakan dengan cita rasa yang sangat khas. Sebenarnya, rempah ini tidak hanya berfungsi sebagai bumbu masakan. Bagi penyuka kuliner, tentu sangat tidak asing dengan bumbu satu ini. Selain untuk penyedap makanan, ada manfaat yang jauh lebih besar dan jarang diketahui oleh banyak orang. Kayu manis memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa. Jika anda merasa penasaran dengan manfaatnya, simak di bawah ini:

herbal


5 Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan


1. Mengobati Sariawan

Kayu manis memiliki kandungan anti-infeksi yang dapat mengobati sariawan dan penyakit lainnya yang disebabkan oleh infeksi bakteri H. plyiori. Bibir pecah-pecah dan tenggorokan terasa kering, ambil sepotong kayu manis kemudian masukkan dalam menu harian anda sebagai bumbu masakan.

2. Menjaga kadar gula darah

Beberapa studi menyatakan bahwa kayu manis efektif dalam mengontrol kadar gula darah. Di samping itu, kayu manis dapat meningkatkan suasana hati, sehingga dapat mencegah stres. Kayu manis sangat aman dikonsumsi oleh pasien diabetes.

3. Mengurangi Nyeri Haid

Bagi wanita yang sering mengalami nyeri dan sakit ketika menstruasi, kayu manis sangat efektif dalam mengobati nyeri dan rasa sakit ketika haid. Selain itu, juga berfungsi untuk membantu memperbaiki fertilitas.

4. Menurunkan kolesterol

Kayu manis juga memiliki kemampuan dalam menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Adanya manfaat ini pada akhirnya dapat menurunkan tingkat risiko penyakit jantung. Jadi, jika anda menginginkan jantung yang sehat perlu perbanyak memasukkan rempah ini ke dalam masakan, selain berolahraga tentunya.

5. Mencegah Kanker

Studi yang pernah dilakukan oleh University of Texas mengungkapkan bahwa kayu manis dapat menghambat penyebaran sel kanker, atau memiliki sifat anti kanker. Bumbu masakan ini merupakan rempah yang sangat baik untuk melindungi tubuh dari risiko kanker.

Kayu manis juga kaya akan nutrisi lain seperti kalsium, mangan, serat dan zat besi yang diperlukan oleh tubuh untuk proses metabolisme. Manfaat kayau manis selain sebagai penambah cita rasa, juga sebagai pengawet alami yang memiliki segudang manfaat kesehatan.

foto: livescience.com
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment