Friday 3 April 2015

5 Rahasia Kecantikan Wanita Keraton

Cantik alami tidak selalu mahal, dan justru memakai produk mahal berarti tidak alami. Indonesia memiliki berbagai resep cantik yag telah turun temurun sejak zaman keraton. Rahasia kecantikan ini telah terbukti selama beberapa abad digunakan oleh putri keraton hingga kini. Artikel sebelumnya tentang 5 Rahasia Wanita Korea Supaya Awet Muda.

Banyak bahan alami yang mereka gunakan untuk merawat kecantikan kulit dan tubuh. Apa saja? Berikut ulasannya.



5 Rahasia Kecantikan Wanita Keraton


1. Madu

Madu mengandung berbagai nutrisi dan vitamin yang bermanfaat untuk membuat kulit menjadi halus, juga awet muda. Madu memiliki sifat anti inflamasi dan anti bakteri yang mampu menyingkirkan jerawat.

Untuk mengobati jerawat, anda bisa menerapkan madu sebagai masker wajah dengan mencampurkannya bersama bahan alami lainnya. Cara ini akan membuat kulit halus, bebas jerawat. Anda juga bisa menjadikannya sebagai lulur kecantikan. Pilihlah madu organik, murni dan asli.

2. Daun Sirih

Daun sirih bersifat antibakteri dan anti-septik, yang bukan hanya untuk mengobati gatal. Sirih dapat digunakan sebagai bahan alami untuk melenyapkan jerawat.

Jerawat dapat muncul di mana saja, wajah maupun punggung. Rebus daun sirih bersama air hingga mendidih, lalu angkat. Celupkan kain bersih ke dalam airnya, selagi hangat. Usapkan pada wajah yang timbul jerawat, atau gunakan airnya untuk membasuh wajah anda. Untuk jerawat yang muncul di punggung, gunakan kain yang basah oleh air sirih untuk membasuhnya.

Jika sebelumnya anda memakai kosmetik wajah, anda harus menghapusnya terlebih dahulu. Lakukan cara ini sebanyak 2 kali dalam sehari, apalagi bagi anda yang punya aktivitas padat.

3. Bengkoang

Meski belum terbukti bahwa bengkoang telah digunakan sejak zaman keraton, namun manfaatnya untuk kulit memang nyata. Bengkoang kaya vitamin C dan vitamin B1, dimana keduanya mampu membuat kulit menjadi cerah dan berseri.

Bengkoang dapat digunakan untuk mencerahkan kulit wajah dengan cara memakainya sebagai masker wajah. Caranya dengan mengupas kulit bengkoang, kemudian buahnya diparut. Parutan bengkoang dapat diterapkan pada wajah anda sebagai masker alami. Lakukan secara teratur, untuk mendapatkan kulit cantik dan cerah.

4. Temugiring

Kebanyakan orang mengenalnya sebagai obat cacingan, ternyata temugiring dapat digunakan untuk meningkatkan kecantikan kulit. Temugiring mempunyai kemampuan untuk menyingkirkan sel kulit mati. Oleh sebab itu, wanita keraton banyak menggunakannya sebagai scrub alami. Bahan alami ini sering ditambahkan sebagai campuran lulur. Temugiring mengandung saponin, flavonoid, dan kurkumin. Ketiga senyawa itu adalah antioksidan alami yang mampu melawan radikal bebas penyebab kerusakan kulit.

Cara membuat temugiring menjadi lulur scrub

Bahan-bahan:

- Pati temugiring sebanyak 4 sendok makan
- Kunyit bubuk sebanyak 2 sendok makan
- Tepung beras sebanyak 2 sendok makan
- Air mawar secukupnya

Semua bahan dicampur menjadi satu, kemudian diaduk secara merata hingga berubah menjadi sebuah pasta kental.

Sekarang anda telah memiliki sebuah scrub alami. Untuk menggunakannya, dengan mengusapkan ke seluruh bagian tubuh. Gosok secara lembut dengan gerakan melingkar.

5. Daun Urang-aring

Daun tinta atau urang-aring sering dipakai sebagai bahan alami untuk merawat kecantikan rambut sejak lama.

Urang-aring bermanfaat untuk menjadikan rambut lebih hitam, serta mencegah uban muncul. Cara paling cepat adalah menggunakan minyak urang-aring. Jika anda ingin membuatnya sendiri di rumah, ambil segenggam daunnya kemudian ditumbuk. Daun yang telah ditumbuk hingga halus dicampur dengan sedikit air. Gunakan ramuan ini sebagai masker rambut. Biarkan selama beberapa menit, sebelum keramas.

Demikian rahasia kecantikan wanita zaman dahulu. Anda dapat menirukan cara mereka untuk mendapatkan kecantikan kulit dan rambut.

foto: flickr.com
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment