Saturday 14 March 2015

4 Cara Mudah Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Bukan hanya orang tua yang bisa terkena penyakit Tekanan darah tinggi, kini semua orang punya peluang terserang penyakit ini. Tekanan darah tinggi dapat disebabkan oleh banyak faktor, tentunya selain faktor genetik (keturunan). Penyebab paling utama adalah gaya hidup yang makin tidak sehat, seiring munculnya berbagai makanan tidak sehat yang dikonsumsi. Hal ini menjadi sebuah pilihan bagi kita, apakah kita cukup cerdas memilih makanan sehat atau mengikuti kebanyakan orang yang suka konsumsi makanan instan dan makanan tidak sehat lainnya.

Parahnya, penyakit darah tinggi berpotensi untuk memicu penyakit berat lainnya seperti stroke maupun penyakit jantung. Namun, jangan terlalu pesimis jika anda menderita penyakit darah tinggi. Ada beberapa cara mudah yang dapat anda lakukan untuk menurunkan tekanan darah anda. Anda juga dapat mempelajari Pola Makan Vegetarian Mampu Menurunkan Tekanan Darah.

4 Cara Mudah Menurunkan Tekanan Darah Tinggi


1. Ganti Nasi dengan Gandum

Terdengar aneh, namun begitulah faktanya. Gandum adalah makanan sehat sebagai sumber karbohidrat yang dapat anda konsumsi untuk mengganti nasi. Bagi penderita hipertensi, gandum sangat cocok untuk dikonsumsi. Gandum memiliki kemampuan untuk menyerap tekanan darah anda.


foto: suplementohipertension.com

2. Jangan tinggalkan Buah-buahan dan sayur-sayuran

Sayur dan buah merupakan makanan sehat yang diperlukan oleh semua orang. Terutama bagi penderita darah tinggi, kedua jenis makanan ini harus dikonsumsi setiap hari. Ahli kesehatan menganjurkan untuk makan 5 porsi buah-buahan dan sayuran tiap hari, untuk menjagal tekanan darah anda tetap stabil. Mikronutrien seperti mineral dan vitamin, sangat diperlukan oleh tubuh untuk menurunkan tekanan darah anda.

3. Cukupi kebutuhan Protein

Makanan yang mengandung protein tinggi sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga tekanan darah. Anda dapat memperoleh asupan protein dengan konsumsi putih telur, ikan laut, daging non lemak, dan kacang-kacangan. Beberapa jenis makanan di atas mampu meningkatkan kadar kolesterol baik di dalam tubuh.

4. Minum air kelapa setiap hari

Hasil penelitan menunjukkan bahwa dengan minum air kelapa secara teratur mampu menurunkan tekanan darah sebesar 71 persen. Anda bisa membuktikannya sendiri.

Demikian 4 cara paling mudah untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Semua cara di atas sangat aman, tanpa resiko jangka panjang seperti ketika anda menelan obat-obatan berbahan kimia.
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment