Thursday 5 March 2015

7 Gejala Stroke Ringan Pada Wanita, Namun Mematikan

Ratusan ribu wanita di seluruh penjuru dunia ini yang terkena serangan stroke, setiap tahun. Masalah ini adalah kenyataan yang kadang sulit untuk kita percaya. Fakta yang mengejutkan bahwa resiko penyakit ini lebih tinggi pada wanita dibandingkan pria.

Fungsi otak yang terganggu secara tiba-tiba merupakan penyebab stroke. Hal ini dipicu oleh gangguan pada pembuluh darah di otak. Stroke merupakan penyakit mematikan yang sangat berbahaya. Penyakit ini bisa menyerang setiap saat. Ketika seseorang mengalami defisit neurologis dalam waktu lebih dari 2 hari. Apabila durasi kurang dari 24 jam, masih dianggap ringan.


ilustrasi foto: fromdoctor.com

Wanita perlu mengetahui gejalanya sejak dini. Semakin dini anda mengetahui gejalanya, pengobatan terhadapnya akan lebih cepat dan tepat. Pengobatan terhadap stroke secara tepat akan mencegah resiko cacat, serta pemulihan makin cepat.

Gejala stroke pada wanita yang seharusnya anda ketahui

- Organ tubuh seperti lengan, wajah dan kaki mengalami mati rasa. Biasanya pada sebagian sisi tubuh saja.
- Wajah dan tungkai merasa nyeri secara mendadak.
- Lidah sulit untuk bicara, kebingungan, kurang faham dan tidak ingat pembicaraan.
- Kurangnya koordinasi tubuh, hilangnya keseimbangan dan sulit untuk berjalan
- Sering mengalami cegukan secara tiba-tiba, sesak nafas dan nyeri dada cukup parah.

Secara psikologis gejala yang umum seperti disorientasi, mengalami halusinasi, perubahan perilaku mendadak, serta tidak merespon pembicaraan.

Kondisi mental penderita stroke, bisa lebih fatal jika tidak segera mendapatkan penanganan dengan baik. Penderita stroke akan mudah melakukan tindakan konstruktif saat marah. Wanita perlu mengetahui gejala stroke sejak dini. Penyakit ini tidak jarang menyerang usia muda. Perlu diperhatikan agar tidak menganggap sepele gejala ringan seperti penglihatan ganda, sering cegukan, sering menjatuhkan benda tanpa sengaja, atau nyeri pada kaki.

Jaga kesehatan anda dengan baik. Masukkan makanan sehat ke dalam menu harian anda, hindari makanan sampah. Lakukan olahraga secara teratur dan cukup beristirahat. Semoga dengan mengikuti gaya hidup sehat, stroke jauh dari kita.
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment