Sunday 15 March 2015

6 Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Yang Menakjubkan

Selain untuk bumbu masakan, kunyit merupakan rempah yang mengandung manfaat yang luar biasa untuk kesehatan. Kunyit mengandung nutrisi yang sangat berkhasiat seperti kurkuminoid yang terdiri dari Curcumin, desmetoksikurkumin, dihidrokurkumin dan bisdesmetoksikurkumin. Selain itu di dalm Kunyit juga terdapat minyak atsiri yang terdiri dari seskuiterpen dan turunan fenilpropana turmeron, atlanton, kurlon kurkumol, bisabolen, zingiberin, seskuifellandren, humulen dan aril kurkumen. Kandungan lainnya adalah Arabinosa, glukosa, fruktosa, pati, dammar dan tanin. Masih ada kandungan lain dari Kunyit yaitu mineral seperti besi, magnesium, aluminium, kalsium, mangan, natrium, timbal, seng, kalium, kobalt dan bismuth.


ilustrasi: authoritynutrition.com

Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan yang Menakjubkan


1. Mengobati sakit perut

Mengkonsumsi kunyit untuk mengobati sakit perut, lebih efektif daripada penggunaan plasebo. Kunyit mampu meredakan perut mulas dan gangguan pada pencernaan.

2. Mencegah serangan jantung

Kunyit kaya akan kurkumin yang mampu mencegah serangan jantung. Kurkumin memiliki kemampuan sebagai antioksidan dan anti-inflamasi yang dapat menghindari serangan jantung.

3. Mencegah Kencing Manis

Kunyit juga mempunyai kemampuan untuk mencegah diabetes makin parah. Kurkumin yang dikandungnya dapat mencegah diabetes tipe 2. Penting: 7 Makanan Yang Harus Dihindari Oleh Penderita Diabetes

4. Melawan penyakit kanker

Manfaat kunyit untuk membantu mengobati kanker telah lama dikenal oleh banyak orang. Ini disebabkan oleh kurkumin di dalam kunyit yang mampu memerangi penyakit kanker. Kurkumin menghambat pertumbuhan sel kanker. Kurkumin juga mencegah sel kanker menyebar ke bagian lain. Kurkumin bahkan mampu mematikan sel-sel kanker, memperkecil sel tumor. Simak juga: 4 Makanan Lezat Penyebab Kanker

5. Melindungi fungsi otak

Kunyit mengandung turmeron aromatik yang dapat membantu memperbaiki sel-sel batang di otak. Hal ini juga berkaitan dengan pemulihan penyakit stroke dan alzheimer. Turmeron efektif sebagai obat untuk penyakit yang menyerang otak tersebut. Mengkonsumsi kunyit mampu meningkatkan daya ingat pasien alzheimer.

6. Mengurangi nyeri persendian

Manfaat ekstrak kunyit tidak kalah dibandingkan dengan ibuprofren yang dapat mengurangi rasa nyeri di persendian pada penderita osteoarthritis lutut.

Meski banyak sekali manfaat dari ekstrak kunyit, perlu untuk berkonsultasi dengan dokter anda.
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment