Monday 9 March 2015

4 Makanan Lezat Penyebab Kanker

Hidup di jaman serba cepat, ada banyak keuntungan dan kemudahan yang didapat. Namun, dampak buruk juga tidak kalah banyak. Orang kini tidak ingin repot, maunya serba cepat. Dalam hal makanan pun, seringkali kita dihadapkan pada situasi yang tidak menguntungkan sama sekali. Banyak orang memilih konsumsi makanan cepat saji, yang mudah didaptkan di berbagai restoran. Alasannya, cara ini dapat memangkas waktu yang sia-sia. Fenomena ini telah berkembang di perkotaan, dimana tidak pantas waktu dibuang hanya untuk memasak makanan, ataupun mencari makanan sehat lainnya.


ilustrasi foto: homesogood.com

Faktanya, banyak makanan cepat saji yang dapat memicu penyakit kanker. Jadi, anda perlu waspada dalam hal ini. Silahkan makan, tapi anda harus mengetahui dampak buruk terhadap kesehatan anda. Inilah beberapa jenis makanan yang dapat memicu kanker:

4 Makanan Lezat Penyebab Kanker


1. Makanan yang melalui proses pengasapan dan pembakaran

Mungkin semua orang menyukai sate ataupun makanan lainnya, dimana proses pengolahannya dengan cara dibakar atau dengan pengasapan seperti barbeque. Pengolahan makanan dengan cara seperti itu tidak baik untuk kesehatan. Arang yang timbul akibat pembakaran makanan dapat bersifat karsinogenik. Hidrokarbon yang muncul dari makanan olahan seperti ini dapat memicu resiko kanker.

2. Daging Olahan

Sekarang banyak beredar produk daging yang telah diolah secara tidak sehat dengan bahan pengawet dan bahan kimia lain. Daging tidak segar ini telah kehilangan nutrisi, serta menimbulkan bahaya bagi kesehatan disebabkan kandungan sodium yang bersifat karsinogenik terhadap tubuh anda.

3. Makanan yang digoreng

Menggoreng makanan bukanlah cara sehat. Makanan yang digoreng mengandung lemak trans, kalori dan kolesterol yang kesemuanya merupakan pemicu kanker. Terlebih makanan siap saji dengan pengolahan menggunakan minyak yang telah digunakan berkali-kali.

4. Minuman yang menggunakan Pemanis buatan

Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumsi minuman soda sebanyak 2 porsi, mampu meningkatkan resiko kanker pencernaan hingga mencapai 87%. Minuman seperti itu dapat menaikkan resiko perkembangan sel kanker dan tumor.

Demikian beberapa makanan lezat, namun dapat memicu munculnya kanker. Selain itu, makanan lain yang dapat menimbulkan kanker seperti makanan kaleng, buah maupun sayuran yang ketika menanamnya terkontaminasi oleh bahan kimia. Lezat di lidah, belum tentu baik untuk kesehatan. Jika anda belum bisa berhenti makan jenis makanan di atas, sebaiknya untuk mengurangi porsinya sebisa mungkin.
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment