Sunday 8 March 2015

4 Manfaat Sendawa Bagi Kesehatan Anda

Sendawa atau dalam istilah medis disebut sebagai eruktasi adalah fungsi normal dari tubuh yang berguna untuk mengeluarkan racun gas atau udara yang ada di dalam perut.

Ketika sedang makan, bukan hanya makanan saja yang masuk ke dalam perut. Udara seperti oksigen dan nitrogen juga bisa terbawa ke dalam perut. Jika gas ini menumpuk di perut harus dikeluarkan, salah satunya melalui sendawa. Inilah beberapa manfaat sendawa bagi kesehatan anda:


ilustrasi foto: steadyhealth.com

Manfaat Sendawa Untuk Kesehatan


1. Perut lebih nyaman

Sendawa membuat perut lebih nyaman. Untuk bayi, anda bisa menepuk-nepuk punggungnya untuk mengusir gas beracun dalam perutnya. Cara ini dapat meringankan rasa tidak nyaman, sering meludah dan kembung.

2. Mencegah Terjadinya Akumulasi Gas

Untuk mencegah gas berkumpul di dalam perut bayi, anda bisa memberikan botol susu kepadanya dalam posisi miring. Ini akan mencegah udara masuk ke mulutnya. Ketika menyusui, hindari makan brokoli dan kacang-kacangan yang dapat memicu sendawa.

3. Memperlancar Pencernaan

Sendawa bermanfaat untuk mengurangi kelebihan kelebihan gas, sehingga baik untuk pencernaan. Anda bisa minum jahe dicampur dengan teh, untuk membantu kinerja pencernaan. Bawang putih yang ditumbuk juga mampu mencegah akumulasi gas di dalam perut.

4. Baik Untuk Perut

Bersendawa berlebihan kemungkinan menunjukkan sistem pencernaan yang buruk. Jadi, bersendawa baik bagi perut karena membantu sistem pencernaan.

Sendawa ternyata baik untuk kesehatan anda, terutama untuk sistem pencernaan. Namun, perhatikan etika sopan santun jika sedang sendawa di depan banyak orang.
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment