Thursday 12 March 2015

7 Fakta Kulit yang Menakjubkan dan Menarik

Pentingnya Kesehatan - Kulit merupakan organ tubuh yang punya banyak peran. Organ tubuh terbesar yang berfungsi untuk melindungi tubuh, tahan terhadap berbagai macam gangguan, serta tahan terhadap air. Kulit selalu mengalami regenerasi sel. Kulit punya tanggung jawab untuk menjaga suhu tubuh dan mamapu mendeteksi suhu udara yang dingin atau hangat.


ilustrasi kulit cantik: mykindoflife.com

Fakta Seputar Kulit yang menakjubkan


1. Tahukah anda, bahwa 15% berat tubuh kita adalah kulit

2. Keringat yang dikeluarkan oleh kulit sekitar 6 liter cairan per hari. Hanya beberapa bagian kulit yang tidak melakukannya, seperti tepi bibir, gendang telinga, tempat kuku dan ujung 'pisang' pada lelaki.

3. Banyak sekali variasi warna kulit di dunia ini. Melanin adalah protein penyebab warna kulit. Protein ini diproduksi oleh melanosit.

4. Kulit tiada henti untuk melakukan regenerasi sel. Bahkan dapat mencapai 40-50 ribu sel tiap menit, total berjumlah 4 kg setiap tahun. Studi terbaru mengungkapkan bahwa minyak pada sel kulit mampu mengurangi polutan dalam sebuah ruangan.

5. Bicara tentang kulit, tidak lepas dari sidik jari. Uniknya, ada segelintir orang yang tidak punya sidik jari. Ini disebabkan oleh sindrom Naegeli dan dermatopathia pigmentosa reticularis, dua jenis cacat genetika yang langka.

6. Setiap cm kulit punya elastisitas yang beragam, tergantung di mana seseorang sedang berada.

7. Kulit memiliki lapisan yang paling tebal pada kaki, sekitar 1,4mm. Paling tipis terdapat pada kelopak mata anda, sekitar 0,02mm.

Beruntung bagi anda yang menemukan artikel ini, sebab hal ini jarang sekali diungkap sebagai pengetahuan.
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment