Wednesday 25 March 2015

Bahaya Saus Kemasan Bagi Kesehatan Anda

Pentingnya Kesehatan - Gizi dan dan sumber energi diperoleh dari makanan yang masuk ke dalam tubuh kita. Oleh karenanya, anda perlu memperhatikan komposisi makanan yang masuk ke dalam tubuh. Belakangan ini banyak beredar makanan tidak sehat disebabkan oleh bahan yang disertakan di dalamnya. Tidak sedikit makanan olahan yang telah dicampur dengan berbagai bahan pengawet dan bahan kimia berbahaya. Saus tomat adalah salah satu di antaranya.


gambar: harapanrakyat.com

Bahaya Saus Kemasan Bagi Kesehatan Anda


Seiiring perkembangan teknologi terkini, kini banyak saus tomat ataupun cabe yang mengandung zat aditif seperti pewarna buatan, bahan pengawet, dan penguat rasa (MSG). Zat tersebut dapat merusak kesehatan tubuh, seperti MSG yang sulit dicerna oleh sistem pencernaan dapat menghambat penyerapan nutrisi lainnya. Ketika tubuh kekurangan asupan gizi maka dapat menghambat perkembangan otak.

Konsumsi bahan pengawet pada saus tomat secara terus-menerus dapat menyebabkan kanker. Hati yang berfungsi untuk menetralkan racun di dalam tubuh, dapat terganggu kinerjanya.

Faktor lain yang membahayakan tubuh adalah kerusakan saus yang disebabkan kesalahan penyimpanan seperti suhu yang tidak tepat, ataupun telah melewati batas waktu (kadaluwarsa). Beredarnya saus tomat yang mengandung zat berbahaya seiiring dengan maraknya industri kecil yang mengabaikan aturan yang benar dalam membuat saus.

Sering diadakan investigasi oleh stasiun televisi tentang saus tidak berlabel maupun label dengan sablon biasa. Kebanyakan saos yang mereka bikin hanya terbuat dari bahan pepaya yang nyaris membusuk, bukan tomat segar. Bahkan, mereka mencampurnya dengan bahan pengawet seperti formalin sehingga awet selama bertahun-tahun. Sebagian lagi menggunakan penyedap kain batik yang berbahaya bagi kesehatan tubuh.


foto: pulsk.com

Cara memilih saus asli, bukan abal-abal


Saus asli memiliki label atau kemasan resmi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan dan memiliki tanggal kadaluarsa yang tertera dengan jelas dan normal. Anda bisa membeli di supermarket, untuk menghindari saus abal-abal.

Perhatikan apakah botol saus mampu tertutup rapat setelah anda menggunakannya. Saus palsu umumnya berwarna merah muda dan mencolok. Saus palsu memiliki aroma menyengat dan bau busuk, sangat berbeda dibandingkan dengan saus asli yang memiliki aroma khas cabai.

Sebaiknya konsumsi saus tomat ataupun saus cabe yang menggunakan bahan alami, tanpa pengawet. Anda dapat membuatnya sendiri di rumah.

Ditinjau dari praktis tidaknya, saus kemasan memang lebih unggul, namun efeknya buruk bagi kesehatan Anda. Kesehatan tubuh sangat mahal harganya, jangan dirusak dengan bahan pengawet yang terdapat pada makanan kemasan yang berbahaya.

referensi: vemale
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment