Wednesday 25 February 2015

Menyimpan Daging Di Freezer, Efeknya Terhadap Kesehatan?

Kualitas sebuah bahan makanan dapat dipengaruhi oleh cara menyimpannya. Misalnya ketika anda menyimpan sayuran di suatu tempat, biasanya akan mudah layu. Begitu juga dengan ayam, akan mudah membusuk jika disimpan tidak pada tempat yang benar. Kebanyakan orang menyimpan ayam di dalam sebuah freezer.  Ternyata, cara menyimpan seperti itu dibenarkan oleh alasan kesehatan. Nah, mungkin anda penasaran kenapa hal itu bisa terjadi?


photo: canyoufreeze.com

Menyimpan Ayam di Freezer, Amankah Bagi Kesehatan?

Dalam sebuah penelitian diungkapkan bahwa menyimpan daging ke dalam freezer dapat mematikan bakteri yang ada dalam daging ayam tersebut. Campylobacter merupakan jenis bakteri yang dapat dimatikan oleh penggunaan freezer. Bakteri jenis ini cukup berbahaya, karena dapat menyebabkan keracunan dan gangguan kesehatan lainnya.

Menyimpan daging ke dalam freezer dapat membunuh bakteri Campylobacter. Di luar dugaan kita bahwa 6 dari 10 ayam yang beredar di pasaran telah terkontaminasi oleh bakteri Campylobacter. Selain pada daging, darah ayam pun banyak yang tercemar oleh bakteri ini. Pembekuan di dalam freezer merupakan langkah terbaik untuk mengantisipasi supaya bakteri Campylobacter tidak menyebar. Hal ini dijelaskan oleh Public Health England. Diperlukan kewaspadaan dalam mencuci daging ayam, karena bakteri ini dapat menyebar ke tempat lain. Anda tidak bisa meremehkan bakteri ini, karena sulit dimatikan.

Nah, kini kita mengetahui bahwa cara yang telah dibahas ternyata tidak bertentangan dengan anjuran medis. Namun perlu diperhatikan untuk tidak menyimpan daging ke dalam pendingin dalam waktu yang terlalu lama.

sumber: merdeka.com
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment