Tuesday 24 February 2015

5 Cara Mengobati Cantengan Secara Alami

Pernahkah anda mengalami penyakit cantengan? Gangguan pada kuku yang disebabkan oleh pertumbuhan kuku ke arah yang salah. Artinya, kuku yang seharusnya tumbuh ke arah luar, justru memanjang ke bagian dalam. Kelainan ini menyebabkan rasa sakit yang luar biasa dan sangat mengganggu. Rasa nyeri disertai pembengkakan sering menyertai gejala penyakit ini. Bahkan, cantengan dapat menimbulkan nanah dan darah, jika tidak diobati dengan benar. Hal ini disebabkan oleh infeksi oleh bakteri. Simak artikel sebelumnya tentang Cara Mengobati Kapalan Dengan Bahan Alami.

Pengobatan secara alami

Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mengobati gangguan kuku. Cara ini dapat anda lakukan di rumah, tanpa operasi.

1. Menggunakan Air Garam

Dengan merendam kaki ke dalam air garam selama setengah jam, dapat membuat kuku menjadi lembut. Selanjutnya anda dapat membersihkan dan memotong kuku yang mencuat keluar secara hati-hati. Anda juga dapat merendamnya ke dalam larutan hidrogen peroksida, untuk mengurangi nyeri dan infeksi.


foto: victoriasshoes.com

2. Cuka apel

Anda juga bisa mengobatinya dengan merendam kaki anda ke dalam air yang dberi cuka apel. Efeknya adalah berkurangnya rasa nyeri dan infeksi.

3. Balsem

Balsem juga dipercaya mampu mengobati kuku cantengan, terkait sifat dinginnya. Rasa nyeri juga akan berkurang.

3. Sabun antibakteri

Untuk mencegah infeksi, anda dapat merendam kaki ke dalam air serta menerapkan sabun anti bakteri. Ini bertujuan untuk mencegah timbulnya nanah akibat infeksi. Setelah kering, anda bisa mengolesinya dengan salep anti bakteri.

4. Lemon

Pengobatan secara alami juga dapat dilakukan dengan cara menerapkan lemon. Ambil sebuah lemon, kemudian iris tipis-tipis. Ikatkan irisan tersebut pada kuku menggunakan perban, biarkan semalaman. Lemon bersifat asam, sehingga membantu mengobati infeksi pada kuku.

Penyakit ini dapat disebabkan oleh beberapa masalah seperti infeksi, kadar gula darah tinggi, sering memakai sepatu high-heels, malas memotong kuku atau terlalu pendek. Anda bisa mencoba cara di atas untuk mengatasi gangguan pada kuku tersebut.
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment